Senin, 06 April 2009

faktor yang perlu diperhatikan dlam penyusunan gigi tiruan

ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam penyusunan gigi tiruan penuh
1. fungsi struktur di sekelilingnya
fungsi gigi seperti mastikasi, fonetik, estetik. pada saat menelan posisi ujung lidah menyentuh daerah palatal gigi depan rahang atas. gigi juga dapat mencegah masuknya makanan pada daerah space vestibular. gerakan lidah ke depan dan ke belakang dlam proses menguyah makanan, gerakan arbikularis oris , gerakan otot lain yang melekat dan kegunaan saliva untuk membuang makanan yang tertinggal dalam ruang-ruang antar gigi, semua ini harus dapat disesuaikan dengan rahang pasien pengguna gigi tiruan agar terlihat alami.
posisi gigi sangat mempengaruhi bunyi suara misalnya pada pengecapan f, ch dan sh. ketika gigi rahang atas disusun terlalu jauh ke belakang dengan hubungannya dengan bibir bawah maka suara f yang timbulkan sperti di redam.
2. struktue sel tempat duduk jaringan

keadaan mukosa dan submukosa haruslah menjadi pertimbangan dlam penyusunan elemen gigi tiruan. kekuatan oklusi tidak boleh langsung pada jaringan karena akan membuat jaringan tidak mampu menahan kontak oklusi yang dilakukan oleh elemen gigi tiruan. pada dua pertiga palatal dan pada daerah retrimolar pad tidak mampu menahan tekanan yang berat, pada daerah submukosa yaitu vestibulum fornix menyediakan suatu tempat yang cocokuntuk eleme gigi tiruan, tetapi tetap mengontrol tekanan oklusi yang diberikan pada jaringan tersebut.

3. batas anatomis

gigi depan
penyusunan gigi tiruan depan haruslah seimbvang dengan posisi rahang, untuk memstanbilkan elemen gigi tiruan selama berkontak dengan gigian antagonis.
elemen gigi tiruan jika di lohat dari tampak frontal harus terlihat alami. jika meras curiga lengkung rahnag memiliki posisi yang terlalau jauh, atau pasian mengeluh dengan kesakitan pada bibirnya pada aat menutu mulut , maka lakukan pemeriksaan pada bagian medialnya. jika tejadi keraguan untuk mengurangi kelebihan dari batas luar maka dilakukan perataan di sekitar 2-3 mm dan tekanan mundur dari permukaan labial.
gigi belakang
seperti gigi depan, gigi belakang di tentukan oleh bentuk lengkung mandibular. gigi I1 RA harus diposisikandi depan residual ridge. pada daerah mukosa perlu dipertimbangkan bhwa tekanan yang paling berat berakhir pada retromolar papila .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar